Pilihan Mobil di Dealer / Showroom Nissan Datsun Jakarta

PROMO HARGA KREDIT SHOWROOM DEALER NISSAN JAKARTA PUSATDAN TIMUR. SALES 082113363615

SALES 082113363615 INFI PROMO HARGA KREDIT SHOWROOM DEALER NISSAN DATSUN JAKARTA PUSAT,TIMUR,UTARA, BEKASI DAN SEKITARNYA

Jumat, 21 November 2014

XTRONIC CVT NISSAN

Xtronic CVT Nissan, Teknologi Pintar Mobil Transmisi Automatic

Mungkin sudah banyak orang mendengar dengan istilah CVT Xtronic yang terdapat pada mobil Nissan namun belum benar-benar memahami pengertian dari teknologi ini. Pada dasarnya CVT berbeda dengan A/T konvensional yang biasa dipakai pada Mobil dari Merk lain.

Jika Anda ingin tahu Penjelasan, Cara kerja dan Keuntungan Teknologi CVT Xtronic Nissan, maka dibawah ini adalah artikel dari beberapa situs media online seputar Xtronic CVTyang kami rangkum menjadi satu. Silahkan membaca..


Apakah CVT itu ?


TEKNOLOGI CVT PADA MOBIL NISSAN

Sampai saat ini baru pihak Nissan yang mengembangkan CVT untuk digunakan pada mesin kapasitas besar, di atas 3.000 cc. Pabrikan Jepang tersebut, menyebut teknologi tersebut dengan Xtronic CVT (Continous Variable Transmission).

Sudah sejak 1992-an Nissan menggunakan CVT di produksi massalnya. Saat itu bernama N-CVT, kemudian berkembang menjadi Hyper-CVT dan terakhir Xtronic CVT.

"Ada banyak pengembangan di Xtronic dibanding sebelumnya," sebut Jamaludin AJ, Assistant Manager After Sales Technical Training Nissan College, PT Nissan Motor Indonesia.

Saat ini, di Indonesia, Xtronic dipakai untuk All New Nissan Serena, New Teana, X-Trail dan terbaru di All New Grand Livina.


Steel Belt

TEKNOLOGI XTRONIC CVT MOBIL NISSAN


Secara garis besar, setiap CVT memiliki bentuk yang relatif sama (gbr.1). Namun pihak Nissan meramu steel belt yang dipakai dari bahan baja yang kuat namun lentur.

Pihak Nissan melakukan pengembangan dengan menambahkan supplementary gear di transmisinya. Terletak sebelum input moment. "Rentang perubahannya menjadi lebih luas, sehingga perpindahan menjadi lebih halus," komentar Hirofumi Yojo, Chief Product Specialist dari Product Planning Department Nissan Motor Co., Ltd.
Komponen ini berdimensi kecil dan ringan, sehingga tak membebani kinerja transmisi, namun justru membantunya meneruskan daya dari mesin menuju roda.

Bukan hanya itu saja, Nissan juga menambahkan TCM (Transmission Control Module) pada mobil dengan Xtronic CVT. ‘Otak' dari transmisi CVT ini untuk mengatur kualitas perpindahan gigi, waktu perpindahan serta menjaganya supaya tetap optimal. Yang dimaksud dengan perpindahan gigi, yakni besaran puli ketika mengembang, apakah lebih besar di puli driver atau driven (gbr.2).

Di dalam TCM tersebut terdapat adaptive shift control (ASC). Software ini bertugas menyimpan data-data pola mengemudi seseorang. Ketika mesin mulai dihidupkan, maka pola pengendalian transmisi mengikuti yang tersimpan. Adanya TCM ini membuat transmisi pintar menjadi semakin pintar

Terdapat beberapa perbedaan mendasar untuk penggunaan CVT di mesin kecil, menengah dan besar. Steel belt yang berbentuk V jelas berbeda (gbr.3). "Semakin besar kapasitas mesin, maka steel belt juga lebih panjang, lebar dan tebal. Untuk membopong beban yang lebih besar dan kuat," seru Jamaludin.

Torque converter (gbr.4) juga akan berbeda tergantung kapasitas mesin. CVT untuk mesin kecil jelas memiliki dimensi TC ypang kecil juga dibanding untuk mesin besar.

Lainnya, yakni pada TCM itu sendiri. Kebutuhan mesin besar jelas tak akan sama dengan kebutuhan mesin kecil, sehingga TCM juga berbeda. Ini juga berkaitan terhadap ‘jaringan' dengan ECU mesin.

Sumber : (mobil.otomotifnet.com)


Xtronic CVT = Teknologi Tanpa Hentakan Dari Nissan


Penjelasan dan Kelebihan Xtronic CVT dibanding Matic Konvensional dapat Anda baca disini:

Pengembangan yang dilakukan pabrikan otomotif tak sekedarmenyoal penyegaran desain melainkan pula teknologi transmisi seperti yang dilakukan Nissan. Merek asal Negeri Sakura itu mengembangkan transmisi sebagai perangkat penting dari aspek mekanis kendaraan. Apalagi minat pasar dewasa ini condong kepada tunggangan bertransmisi otomatis.

Sebetulnya apa yang ditawarkan Nissan untuk konsumen di Tanah Air? XTRONIC CVT namanya, sebuah teknologi transmisi otomatis pintar yang mampu meningkatkan kenyamanan konsumen. Sebab transmisi ini menghasilkan perpindahan gigi halus plus konsumsi bahan bakar lebih efisien tanpa mengorbankan akselerasi.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Nissan di Tanah Air menyematkan XTRONIC CVT pada beberapa produknya, seperti All New Grand Livina dan All New Nissan Teana.
Sejak awal 1992, Nissan memproduksi secara massalcontinuously variable transmission (CVT) untuk Micra atau March (K11). Padahal ketika itu CVT belum menjamur seperti sekarang.

Pada akhir era ’90-an, CVT masuk juga ke Nissan Primera. Prinsipal menilai CVT generasi pertama cocok disematkan pada mobil dengan kapasitas isi silinder kurang dari 2.0L. Nissan pun mengukir rekam jejak gemilang sebagai pabrikan mobil pertama yang mencangkokkan transmisi CVT di mobil berpenggerak roda depan.

Teknologi transmisi itu melekat di kendaraan bermesin V6 3,5L sejak 2003. Transmisi tanpa gear ini terbukti membuat aktivitas berkendara lebih asyik karena hentakan updan down-shift lebih sedikit. CVT yang ada sekarang merupakan generasi ketiga.

Continuously Variable Transmission memiliki level percepatan tapi setiap perubahan transmisi berlangsung dengan sangat halus. Alhasil pengendara nyaris tak merasakan perubahan gigi selama proses itu berlangsung. Setiap kali pedal gas diangkat pasca akselerasi ketika sedang bermanuver, maka pengemudi tak perlu banyak mengerem. Kondisi ini dimungkinkan terjadi karena adaengine brake. Karena ini pula laju di jalan menurun tidak perlu banyak menginjak rem.

Teknologi CVT menjadikan perpindahan transmisi otomatis tanpa membuat level rpm drop drastis. Saat drop mesin butuh pasokan bensin lebih banyak untuk beradaptasi dengan akselerasi. Tapi CVT meminimalisir turunnya angka rpm sehingga bahan bakar lebih efisien.

Intinya CVT menjadikan perpindahan kecepatan berlangsung secara gradual bukan bertingkat. Transmisi ini menghadirkan perubahan rasio gear bukan perpindahan rasio gear. Perubahan terjadi secara kontinyu sejalan dengan bertambahnya kecepatan mobil. Mobil dengan transmisi otomatis CVT tak mengenal hentakan selama berakselerasi. 

Lantas apa berbedaan XTRONIC CVT ala Nissan di masa kini dibandingkan dengan generasi pendahulu?


Pertama, XTRONIC CVT lebih hemat bahan bakar untuk pemakaian harian. Transmisi ini dikembangkan dengan simulasi serealistis mungkin sesuai kondisi mengemudi sehari-hari. Survei yang dilakukan Nissan mendapati mobilitas mayoritas konsumen ada di perkotaan dengan lalu lintas padat. Sekitar 60% dari mereka selalu menghidupkan pendingin ruangan.

Kedua, dimensinya lebih kecil dan ringan. Teknologi XTRONIC CVT menghadirkan puli dan pompa oli lebih mungil. Hasilnya total dimensi menjadi lebih kecil 10% dan lebih enteng 13% ketimbang CVT lama. Dimensi yang ringkas ini memudahkan transmisi XTRONIC CVT dipasang pada mobil dengan ruang mesin kecil dan berpenggerak roda depan.

Ketiga, tekanan hidrolik pada pengontrol puli lebih kecil. Sistem pengontrol diameter puli dibuat lebih presisi sehingga tekanan lateral sabuk bisa dipertahankan dengan tekanan hidrolik lebih rendah. Sedangkan CVT sebelumnya butuh tekanan hidrolik besar guna mempertahankan posisi diameter puli, ini jelas lebih boros energi. Terakhir, XTRONIC CVT responsif dan lebih menyenangkan.
Generasi CVT sebelumnya kerap dikeluhkan karena karakter akselerasinya terlalu halus. Selain itu juga kurang akurat dalam merespon input dari pedal gas.

Saat ini, transmisi yang digunakan Nissan mampu menghasilkan akselerasi lebih responsif tanpa perlu menginjak pedal gas terlalu dalam.
Nissan juga melengkapi XTRONIC CVT besutannya dengantransmission control module (TCM).
Ini adalah pusat pikir CVT yang bertugas untuk mengatur kualitas dan waktu perpindahan gigi serta menjaganya tetap optimal. Perpindahan gigi yang dimaksud adalah besaran saat puli mengembang.

TCM dilengkapi dengan perangkat lunakadaptive shift control (ASC) untuk menyimpan data karakter mengemudi pengendara.
Yang pasti perbedaan mendasar CVT di mobil bermesin kecil, sedang, dan besar ada pada steel belt. Semakin besar kapasitas mesin, maka steel belt akan lebih panjang, lebar, dan tebal. Seperti disebutkan sebelumnya, XTRONIC CVT adalah generasi ketiga continuously variable transmission yang dikembangkan Nissan.

Pendahulunya bernama N-CVT lantas berkembang menjadi Hyper-CVT. Di Indonesia Nissan punya All New Elgrand, All New Serena, All New Grand Livina, All New Teana, New X-Trail, dan New Juke yang dibekali transmisi ini.


Keunggulan Xtronic CVT Nissan New Grand Livina


Aplikasi teknologi ini pada All New Grand Livina bermesin HR15DE 4 silinder DOHC 1.498 cc dengan tambahan dual continously variable-valve timing control (CVTC) dan dua injektor menghasilkan pembakaran lebih baik. Khusus untuk varian 1,5L bertransmisi otomatis dilengkapi dengan XTRONIC CVT.

Gearbox anyar ini dimesinya lebih kompak dan lebih enteng 5 kg dibandingkan dengan transmisi sebelumnya. Secara keseluruhan, All New Grand Livina mampu mencapai 109 PS pada 5.600 RPM dengan torsi puncak 14,6 kg-m pada 4.000 rpm.

Pada All-New Nissan Grand Livina, CVT dipergunakan untuk memperkuat mesin HR15DE agar konsumen merasa nyaman, karena di antaranya bahan bakar yang dipergunakan lebih efisien.

Mesin baru HR15DE juga mengimplementasikan teknologi dual-injection dengan twin VTC untuk saluran intake dan exhaust. Teknologi ini dapat menghasilkan torsi yang lebih baik, terutama pada low hingga middle speed.

Bahkan, efisiensi bahan bakar di mobil All-New Nissan Grand Livina meningkat sebesar 4% dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Paduan mesin dan aplikasi transmisi CVT semakin meningkatkan performa bahan bakar yang lebih efisien sekitar 13% dibandingkan dengan model sebelumnya untuk transmisi konvensional.

All-New Nissan Grand Livina yang dipadukan dengan XTRONIC CVT generasi baru menawarkan sesi berkendara yang lebih halus dan nyaman, karena tidak adanya hentakan ketika per-pindahan gigi. Selain itu, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien merupakan kontribusi nyata Nissan untuk mengembangkan green technology pada setiap inovasi produknya.


SALES NISSAN JAKARTA: 021-9232 7807 / Pin BB: 2B3985C5 / 082 1133 63615 (WhatsApp).

Hubungi kami untuk Informasi Seputar Produk, Harga, Diskon, Cashback, Bonus, Promo Paket Kredit Nissan dan Pemesanan Mobil Nissan seperti: All New Grand Livina, Evalia, March, Juke, New Serena, New X-Trail, Elgrand, Teana, Frontier Navara. Datsun Go Plus Panca atau Go Hatchback dll.

Melayani Pembelian Nissan untuk Wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bintaro dan Sekitarnya.

Informasi SERVICE CENTER NISSAN: 021-7653681 (Jakarta Selatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar