Pilihan Mobil di Dealer / Showroom Nissan Datsun Jakarta

PROMO HARGA KREDIT SHOWROOM DEALER NISSAN JAKARTA PUSATDAN TIMUR. SALES 082113363615

SALES 082113363615 INFI PROMO HARGA KREDIT SHOWROOM DEALER NISSAN DATSUN JAKARTA PUSAT,TIMUR,UTARA, BEKASI DAN SEKITARNYA

Jumat, 01 Juni 2012

Peraturan dari BI DP untuk Kredit Mobil Minimal 30% mulai Juni 2012 ??

Bagi anda yang mempunyai rencana untuk membeli Kendaraan Bermotor secara Kredit ada baiknya membaca Artikel dibawah ini. Pemerintah tengah menyiapkan Peraturan tentang besarnya Down Payment (DP) yang rencananya mulai berlaku pertengahan Juni 2012 ini.


 Jakarta, KompasOtomotif - Kondisi pasar mobil Indonesia tahun ini "terusik"  sehubungan dengan surat edaran dari Bank Indonesia No.14/10/DPNP, 15 Maret 2012, tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Kendaraan Bermotor. Surat tersebut mewajibkan menaikkan besaran Loan To Value (LTV) atau Down Payment (DP) kendaraan bermotor jadi 30 persen dari sebelumnya 20 persen mulai Juni 2012.

"Kalau tujuan utama (BI) menghambat pertumbuhan otomotif, kebijakan ini sangat tepat sasaran. Tapi, kalau untuk menguragi bubble ekonomi, itu salah, karena Lembaga Pembiayaan sudah melakukan seleksi yang ketat pada konsumen," komentar Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) kepada KompasOtomotif, Senin (19/3/2012) malam.

Dijelaskan, langkah BI menaikkan DP pembelian mobil akan memukul kelas menengah yang baru tumbuh di Indonesia. Dampak paling parah adalah dunia usaha, khususnya pengusaha yang mau membeli mobil niaga untuk kegiatan ekonomi.

Sampai ini, sekitar 30an persen dari total pasar mobil nasional disumbang dari penjualan sektor niaga (pikap dan truk). Khusus pasar ini, 90 persen pembelian dilakukan melalui kredit. "Biasanya mereka (pengusaha) cuma dibebani DP 10-15 persen saja, karena memang butuh perputaran uang untuk menopang usaha mereka. Kalau DP naik sampai dua kali lipat, tentu akan mengganggu perputaran uang mereka," papar Jody.

Jongkie D Sugiarto, Ketua I GAIKINDO menambahkan, kenaikkan DP pada kredit mobil juga berpengaruh pada segmen mobil "entry level" dengan bandrol Rp 150 jutaan per unit. Masalahnya, segmen mobil ini cukup besar pangsanya, sehingga kalau terjadi penurunan, pengaruhnya akan terasa.
"Jangan sampai pasar mobil menurun, dampaknya pada produksi juga ikut turun dan berakibat efek berantai pada industri komponen kita. Kami tak mau hal buruk terjadi (PHK), mudah-mudahan pasar tak terlalu berpengaruh karena DP baru ini," jelas Jongkie. Ia menambahkan, GAIKINDO akan memberikan pernyataan resminya terkait kebijakan ini, setelah bertemu dengan anggota pengurus lain,  pekan ini.

Bertubi-Tubi
Kenaikan DP pada kredit mobil menambah beban industri ditambah lagi rencana  kenaikan bahan bakar bersubsidi April 2012 dan menambah birokrasi melapor pada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk transaksi Rp 500 juta ke atas.
"Pasar akan shock karena kenaikan BBM dan penambahan birokrasi untuk pelaporan pada PPATK, sekitar dua sampai tiga bulan. Belum pulih, sudah dihantam lagi oleh kenaikan DP, menjadi beban yang bertubi-tubi," jelas Jodjana Jody.
Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Wiwie Kurnia menjelaskan, kebijakan BI berpotensi mengurangi pasar pembiayaan mobil sampai minus 30 persen dari posisi tahun lalu mencapai Rp 146 triliun. "Kebijakan ini memang bisa membuat multifinance lebih sehat, tapi pasar akan turun karena konsumen yang punya dana terbatas tak bisa leluasa beli mobil dalam waktu cepat," jelas Wiwie.


Dibawah ini adalah sebagian dari isi awal Peraturan Menteri Keuangan tsb :

" PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43/PMK.010/2012 TENTANG UANG MUKA PEMBIAYAAN KONSUMEN UNTUK KENDARAAN BERMOTOR PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN "
  
Jika Anda ingin membeli kendaraan bermotor secara Kredit dan Anda ingin melihat dan membaca Peraturan tersebut secara lengkap, Anda dapat melihat langsung, silahkan klik Disini.



Showroom/Dealer Nissan-Indomobil Jakarta. Pusat Informasi Khusus Seputar Penjualan Mobil NISSAN seperti: March,Livina,Grand Livina,Evalia,X-Trail,Teana,Juke,Elgrand,Murano,Nissan HWS,Nissan Autech dll. Melayani Pembelian: Cash/Kredit untuk Pribadi/Operasional Kantor,Fleet/Armada dll.

Untuk Informasi Mobil Nissan : Pemesanan/Booking Harga, Spesifikasi, Hitungan/Simulasi Kredit, Paket Kredit, Persyaratan Kredit Hub: 021-2623 3628 / 082 1133 63615. Untuk Informasi Service/Sparepart Hub: 021-7653681

Dealer Nissan TB.Simatupang Jakarta Selatan adalah Dealer Resmi Mobil Merk Nissan yang Terbesar di Indonesia, Stok Unit serta Fasilitas di Dealer  kami adalah yang terlengkap. Sales, Service, Sparepart hingga Body Repair.
Jangan terjebak hanya oleh Diskon besar, pastikan juga anda mendapat Informasi tentang Pelayanan dan fasilitas After Sales.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar