Pilihan Mobil di Dealer / Showroom Nissan Datsun Jakarta

PROMO HARGA KREDIT SHOWROOM DEALER NISSAN JAKARTA PUSATDAN TIMUR. SALES 082113363615

SALES 082113363615 INFI PROMO HARGA KREDIT SHOWROOM DEALER NISSAN DATSUN JAKARTA PUSAT,TIMUR,UTARA, BEKASI DAN SEKITARNYA

Jumat, 08 Juli 2011

NILAI JUAL KEMBALI NISSAN JUKE

Prediksi NILAI JUAL KEMBALI NISSAN JUKE
 
Sekarang saya coba memprediksi nilai jual kembali Nissan Juke akan seperti apa. Dan ruginya akan seperti apa untuk calon pembelinya. Meskipun ada orang yang sama sekali ngak peduli nilai jual kembali saat beli mobil, tapi ngak ada ruginya kalau kira kira tau dulu.

Dan untuk orang yang tidak peduli, ya jangan ikut bahas, abaikan aja topic ini. Tapi saya rasa bisa di prediksi dengan tingkat akurasi yang masuk akal. Seperti perusahaan yang tiap tahun melakukan “ Budgeting “ untuk prediksi arus masuk / keluar kas, meskipun masa depan ngak ada orang yang tau, tapi ngak rugi kalau kita coba prediksi.

Untuk Nissan Juke, di antara banyak saudaranya, saya pilih Grand Livina 1.5 AT karena selain harganya ngak beda terlalu jauh, juga Grand Livina terbukti popular. Sebentar lagi kita semua bisa tau Juke popular atau ngak, dari daftar inden panjang atau pendek, dan ramai ngak di showroom. Ingat tahun 2007 saat GL muncul, daftar inden panjang dan showroom sangat ramai. Buktinya sampai sekarang udah 4 tahun tetap popular.

Jadi jika assumsi saya benar bahwa Juke ini akan sangat laris, bahkan ngak kalah banding Grand Livina yang penampilannya aja lebih konservatif, saya rasa masuk akal kalau patokan ukuran nilai jual kembali Grand Livina di pakai sebagai acuan untuk Juke nanti. Seperti apa nilai jual kembali Grand Livina 1.5 AT ? 

Untuk prediksi, cara saya adalah, lihat jarak nilai Grand Livina bekas tahun 2007 banding barunya sekarang. Cuman banyak orang rasa nilai jual kembali harus di banding ama saat belinya berapa dulu. Jadi gampang kok. Tinggal assumsi tiap tahun ke depan ada kenaikan harga Juke sebesar misalnya 3% setahun untuk 4 tahun ke depan. Terus kita lihat bekasnya yang usia 4 tahun bisa “ Uber “ ama barunya habis 4 tahun berapa persen. 

Supaya jelas, mari kita mulai :

Setelah melihat di situs-situs mobil bekas dan merata-ratakan harga kita mendapat hasil 146 jt. Anda juga boleh membuat perhitungan harga rata-rata GL yang sesuai menurut anda.

Jadi rata rata nilainya 146 jt. Barunya sekarang 194 jt. Jadi GL yang usia 4 tahun mampu “ Uber “ barunya sampai level 146 / 194 X 100 = 75.3%. 

Meskipun kalau banding ama dulu tahun 2007 beli GL 1.5 AT ini sekitar 148 jtaan, atau nyaris tidak rugi habis pakai 4 tahun, tapi saya rasa bijak kalau kita ngak ambil contoh ini sebagai acuan, karena dari tahun 2008-2009, ada kenaikan harga GL yang cukup tinggi (meskipun ngak setajam Toyota dan Honda). Karena kenaikan harga seperti tahun 2008-2009 jarang sekali terjadi.

Cara yang paling wajar menurut saya adalah sebagai berikut :

Hanggap aja Juke level popularitasnya di pasar mobkas sama ama GL (meskipun saya ada feeling Juke bisa jadi lebih popular banding GL), jadi hanggap aja harga Juke 4 tahun lagi sekitar (untuk versi RX CVT, assumsi harga 250 jt) 250 X 1.03 X 1.03 X 1.03 X 1.03 = 281 jt (assumsi tiap tahun naik 3%).

Dan jika pakai assumsi Juke bekas yang 4 tahun juga “ Uber “ barunya di level 75.3% juga, artinya di prediksi nilai bekas Juke yang usia 4 tahun adalah 0.753 X 281 = 212 jt. Jadi dengan keadaan ekonomi normal, ngak mungkin beli Juke sekarang, pakai 4 tahun, terus nyaris ngak rugi seperti GL beli tahun 2007. Ngak masuk akal kan kalau bilang ngak bakal rugi ? 

Jadi ruginya akan sekitar 250-212 = 38 jt selama 4 tahun. Atau rata rata tiap tahun turun 38/4 = 9.5 jt. Kalau banding ama barunya jelas jaraknya sudah 281-212 = 69 jt, tapi tiap kali bahas nilai jual kembali, banyak orang rasa maunya banding ama dulu belinya berapa.

Jadi itulah prediksi saya, beli Juke sekarang, pakai 4 tahun, assumsi ada kenaikan harga Juke 3% setahun, akan di prediksi rugi SEKITAR 38 jt selama 4 tahun. 

Menurut saya, dengan feature Juke yang begitu banyak, seperti ABS, EBD, BA, 2 airbag, system multimedia yang begitu modern, mesin irit / halus, dan tongkrongan tinggi, gampang lewat jalan rusak / banjir, rugi cuman 38 jt selama 4 tahun menurut saya sangat kecil.

Coba banding ama mobil lain yang harga barunya sekitar 200-240 jt lain, ruginya ngak bakal beda jauh. Nyaris sama. Nah, kalau ngak beda jauh, ya jelas Juke lebih menguntungkan, karena itu dia, fasilitasnya begitu banyak. Bisa di nikmati ber tahun tahun.

Rugi sekitar 9.5 jt setahun mah sangat wajar menurut saya. Beli mobkas aja yang murah toh tiap tahun tetap akan turun sekitar 5-8 jtaan setahun, tergantung model dan usia. Dan mobkas tau sendiri risikonya, dan feature model lama kan minim. Jaman sekarang jarang ada mobil yang harga < 300 jt yang featurenya sebanyak Nissan Juke ini.

Belum mobkas biaya servis dan sparepart udah pasti meningkat, karena udah tua dan akan makin rewel 4 tahun ke depan. Juke baru malah masih garansi 3 tahun ke depan.

Dan kalau pakai Juke lebih dari 4 tahun, malah kerugian rata rata setahunnya akan makin berkurang dari 9.5 jt, karena semua mobil, saat makin tua, penyusutannya makin pelan.

Dan contoh saya ini assumsi popularitas Juke SAMA ama Grand Livina, kalau ternyata Juke lebih di gemari, udah pasti ruginya malah kurang dari angka 38 jt selama 4 tahun. Bisa jadi cuman rugi 25-30 jtaan. Tapi supaya ngak terlalu optimistis, mending pakai kasus Grand Livina sebagai acuan saja.

Dan jika kenaikan harga Juke tiap tahun bukan cuman 3% tapi misalnya 5% atau lebih, malah ruginya makin kecil nanti. Tapi jangan assumsi kenaikan harga seperti tahun 2008-2009 supaya ngak kecewa nanti.


Showroom/Dealer Nissan-Indomobil Jakarta. Pusat Informasi dan Penjualan Mobil NISSAN seperti: March,Grand Livina,X-Trail,Teana,Juke dll. Melayani Pembelian: Cash/Kredit untuk Pribadi/Operasional Kantor,Fleet/Armada dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar