Pilihan Mobil di Dealer / Showroom Nissan Jakarta

DEALER / SHOWROOM NISSAN MARCH,NISSAN JUKE,NISSAN X-TRAIL



Sabtu, 22 Januari 2011

Perbedaan Nissan March Nismo dengan March tipe lain

Sulit dibantah kalau Nissan March adalah salah satu hatchback paling banyak diperbincangkan belakangan ini. Dan seperti belum puas dengan varian yang ada, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) masih menyesakkan pilihan dengan March bertitel Nismo Package.

Yang menarik adalah harganya yang sama persis dengan tipe 1.2 L XS A/T. Apa saja bedanya? Nama Nismo seolah menjadi jaminan kalau March yang satu ini akan berkarakter lebih ‘hot’   dibanding yang lain. Dan sekaligus menjadi salah satu line-up Nissan di Indonesia yang tak mengenakan jubah Autech pada versi spesialnya.

March Nismo mengambil basis dari varian terendah, 1.2 L M/T yang belum dilengkapi perangkat safety seperti ABS, EBD + BA, dan airbag. Sistem pengaman immobilizer, dan AC otomatis pun absen dari kompertemennya.

Itu semua merupakan fitur hal yang tak ada di versi Nismo, namun hadir di XS. Bukan diproyeksikan untuk kemewahan, melainkan untuk ‘melayani’ pengemudi antusias, March Nismo paling mudah  dideteksi lewat stiker sporty yang membentang di sepanjang garis bahu.

Stiker ini bercorak simpel namun tegas, senada dengan corak di permukaan kap mesin. Tampangnya kian berbeda dari standar berkat spoiler yang melekat di bumper, serta side skirt di kiri-kanan bodi. Desainnya proporsional dan tidak berlebihan, tapi sukses membuat wajahnya semakin garang.

Suspensinya tak luput dijejali komponen racikan Nismo. “Lebih rigid dan membuat tingginya berkurang 2 cm dari varian lain, termasuk March XS,” ucap Amstrong dari Accessoris Planning Department, PT NMI.

Untuk membuktikan kebenarannya, kami pun segera bersiap untuk menguji langsung. Saat dinyalakan, seketika bunyi knalpot menyeruak lebih gahar dibanding XS. Tak cuma muffler, tapi seluruh sistem pembuangan mulai dari exhaust manifold masuk dalam paket Nismo ini.

Keterbatasan lahan membuat kami tak bisa mengeksplorasi kemampuan March Nismo hingga maksimal. Namun bisa dikatakan kalau performanya lebih sigap dari model standar bertransmisi manual, apalagi bila dibandingkan dengan March XS dengan girboks otomatis.

Dampak dari penggunaan suspensi Nismo membuat bantingan jadi sedikit lebih keras. Tapi kekurangan ini terkompensasi oleh gerak tubuh yang semakin lincah.

Ada satu lagi komponen Nismo yang kian menjelaskan bahwa ini adalah March spesialis performa. Yaitu penggunaan brake pad berlabel Nismo. Saat diinjak, rem terasa lebih mantap dan menggigit.

Amstrong menjelaskan kalau pad-nya dirancang dengan permukaan lebih rata, sehingga  cengkeramannya lebih baik dari model reguler. Harganya juga mencapai dua kali dari versi standar.

Secara keseluruhan, March Nismo memang berbeda karakter dengan March XS. Versi Nismo dirancang dengan nuansa performa yang lebih kental, sedangkan XS lebih mewah dan praktis. Tentu pilihan terakhir tetap di tangan Anda untuk memutuskan varian mana yang paling cocok dengan karakter mengemudi Anda.



Spesifikasi Nissan March Nismo

Mesin: 1.198 cc 3 silinder, 80 dk

Torsi maksimum: 106 Nm/4.400 rpm

Transmisi: 5-spd manual/fwd

Kapasitas tangki : 42 liter

P x L x T: 3.780 x 1.665 x 1.515 mm

Wheelbase: 2.440 mm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar